Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Anak Sering Cegukan, Coba Langkah Ini

0 339

 

WNC – Anak anda sering cegukan, apalagi saat sedang menyusui atau makan, jangan langsung panik.

Karena, cegukan merupakan gerakan yang refleks dan disertai dengan suara yang cukup keras karena adanya iritasi pada bagian diafragma. Difragma adalah salah satu bagian penting dalam tubuh dalam proses respirasi dan proses sistem metabolisme dalam tubuh.

Diafragma akan bekerja menarik dan mendorong dengan teratur ketika bernapas. Apabila terjadi gangguan pada bagian diafragma maka akan membuat diafragma iritasi dan terjadilah cegukan seperti yang dialami oleh bayi kebanyakan.

Cegukan atau hiccups biasanya terjadi berulang-ulang dalam beberapa detik. Ketika bayi sedang cegukan pasti ada beberapa alasan dan juga penyebab terjadinya dan cara mengatasi bayi cegukan dengan mudah adalah dengan mengetahui penyebabnya itu sendiri terlebih dahulu. Walalupun cegukan bisa hilang dengan sendirinya pada bayi, pasti ada kekhawatiran tersendiri bagi para ibu jika bayi tersayang tiba-tiba cegukan ketika sedang menyusui.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi bayi cegukan dengan mudah, akan lebih bijak lagi jika para ibu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bayi cegukan tiba-tiba tiba-tiba.

 

Penyebab Cegukan

Terjadinya kontraksi pada otot-otot diafragma secara tiba-tiba. Kontraksi otot diafragma tersebut membuat udara tertarik dari mulut secara tiba-tiba dan ditandai dengan suara cegukan yang terdengar.

Cegukan pada bayi disebabkan oleh stress yang dialami sang bayi.

Cegukan terjadi pada bayi karena pada saat makan atau menyusui bayi terlalu bersemangat atau pada saat menyusui sang bayi tiba-tiba menarik napas, bersuara atau yang lainnya.

Setelah mengetahui penyebab terjadinya cegukan pada bayi, maka harus lebih memperhatikan tingkah laku bayi ketika sedang makan atau menyusui untuk menghindari cegukan terjadi. Akan tetapi, jika cegukan sering terjadi pada bayi maka dicari cara mengantisipasinya agar cegukan segera hilang. Cara mengatasi bayi cegukan dengan mudah bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut.

 

Mengatasi Bayi Cegukan

Cegukan tidak membuktikan bahwa sang bayi memiliki penyakit tertentu karena tidak ada bukti mengenai hal itu. Jadi ketika bayi mengalami cegukan janganlah panik karena cegukan pada bayi bisa hilang dengan sendirinya dan cukup mengistirahatkan bayi dari aktivitas yang sedang dilakukan sejenak

Ketika bayi tiba-tiba mengalami cegukan dalam posisi menyusui, cobalah untuk merubah posisi bayi yang menyusui agar udara yang ditelan sang bayi menjadi berkurang. Cegukan pada saat menyusui terjadi karena bayi terlalu banyak menelan udara bersamaan dengan menyusui.

Ketika bayi tiba-tiba mengalami cegukan, cobalah untuk membuat bayi bersendawa karena dengan bersendawa akan membantu melemaskan otot diafragma yang sebelumnya kejang. Setelah bersendawa biasanya cegukan pada bayi sudah hilang.

Ketika bayi tiba-tiba cegukan, cobalah untuk menenangkan bayi sekaligus memijat lembut bagian punggung atau belakang bayi. Gosok-gosok bagian punggung bayi hingga tenang sampai cegukan yang dialami bayi perlahan menghilang.

Memberikan makan bayi secara teratur dan berkala juga akan menghindarkan bayi dari cegukan. Jangan terlalu banyak memberikan makan pada bayi dalam sekali makan. Berilah sedikit sedikit tapi dalam frekuensi yang sering agar bayi tidak menjadi kembung.

Ketika  bayi cegukan ketika sedang makan dan setelah beberapa menit masih tidak hilang, cobalah untuk menghentikan aktivitas makan atau menyusui sementara dan biarkan bayi tenang dan membiarkan cegukan menghilang sebelum melanjutkan makan dan menyusui yang dilakukan.=WNC/NIC

You might also like