Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Angkot ‘Corat-coret’ Sudah Seliweran di Kota Hujan

0 316
 
 
WNC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengusung program angkutan kota (Angkot) bebas rokok untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2017. Tak hanya itu, Dinkes juga sudah memasang sebanyak 16 stiker penolakan rokok didalam angkot dengan hastag suara tanpa rokok.
Kabid Kesehatan Masyarakat, Erna Nuraena menjelaskan, pihaknya memang telah mematangkan program angkot bebas rokok. Masyarakat bisa mengadukan ataupun melaporkan ke Dinkes  jika masih ditemui ada sopir maupun masyarakat yang merokok di dalam angkot.
“Untuk puncaknya kita sosialisasikan HTTS pada Rabu (31/5) di Plaza Balaikota. Kita akan melakukan konvoi bersama 16 angkot dari rute seputaran Sistem Satu Arah (SSA) yaitu 07, 08, 09, 12, dan lainnya. Kita pilih angkot bebas rokok karena masih banyak sopir maupun masyarakat yang merokok didalam angkot. Tingkat kepatuhan didalam angkot terhadap Perda 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)  masih rendah,” ujar Erna.
Oleh karena itu, kata Erna, sebanyak 16 angkot dipasang stiker dan gambar mural. “Sudah ada 16 angkot yang kita pasang, mereka yang akan kita ajak konvoi melewati rute yang cukup ramai untuk mengkampanyekan HTTS.  Kemudian, ada aksi simpatik memberikan flyer  kepada masyarakat dan pengguna angkot,” tandasnya.
Erna mengungkapkan, saat puncak HTTS, Dinkes bersama para sopir angkot akan membuat komitmen dari sopir angkot dan membangkitkan keberanian masyarakat, bahwa mereka memiliki hak untuk menegur. “Selama ini masih banyak yang pasrah terhadap para perokok padahal mereka terlindungi oleh Perda. Dengan komitmen ini, masyarakat juga bisa melaporkan jika masih ada yang merokok didalam angkot. Mereka tinggal menyatat nomor plat, rute, serta jamnya. Dan mereka akan dikenakan sanksi sesuai Perda KTR,” tandasnya.=WNC/TEN
You might also like