Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Canggihnya Mobil Listrik Milik Dahlan Iskan Ini

0 340
 
WNC – Bicara Dahlan Iskan tentu salahsatu yang kita ingat selain bos dari sebuah media massa yang juga mantan menteri, adalah soal teknologi mobil konsep berbasis listrik.
Ya, diketahui, saat menjabat sebagai Menteri BUMN, Dahlan menggagas sebuah mobil listrik bernama Selo tapi akhirnya kandas karena terbentur perizinan.
Ternyata, meski takj menjadi menteri lagi, Dahlan meneruskan proyek mobil listrik dengan menggunakan mobil asal Amerika Serikat (AS), Tesla Model S, yang dibelinya seharga Rp4 miliar.
“Di Amerika Serikat, mobil listrik sudah diproduksi massal, dan pemasarannya berkembang pesat,” ungkap Dahlan.
Dahlan menuturkan, Tesla yang dibelinya bukan untuk pamerkarena dirinya ingin memperkenalkan kendaraan masa depan tersebut kepada masyarakat Indonesia.

 

Walau tak menyebutkan tipenya, Tesla Model S yang dipilih Dahlan diperkirakan tipe P100D, dimana tipe ini diklaim memiliki komponennya terbaik di kelasnya.
Tesla Model S memang bukan mobil murah. Di negeri Paman Sam, pihak pabrikan bahkan membuat empat tipe untuk model ini yang dapat dipesan calon konsumen; yakni Model S 75, Model S 90D, Model S 100D, dan Model S P100D.
Khusus untuk model terakhir (P100D) diklaim sebagai mobil listrik tercepat saat ini, dan beberapa waktu lalu sempat mejeng di ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.
Kendaraan itu dikabarkan mampu melesat dari diam (0 kpj) hingga kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu 2,5 detik. Bahkan, menurut Forbes, catatan waktunya bisa lebih cepat lagi, yakni 2,28 detik, sehingga menjadi sedan produksi massal tercepat di dunia.
Catatan waktu itu bahkan lebih cepat dari hypercar Ferrari LaFerrari, Bugatti Veyron, Lamborghini Aventador, atau Porsche 911 Turbo S. Namun saat diuji, sedan berpenggerak empat roda dengan dua mesin listrik itu menggunakan perangkat lunak “Ludicrous + yang belum tersedia di pasaran saat ini.
Total tenaga yang dihasilkan dua mesin listrik itu diklaim Tesla mencapai 761,7 hp dengan torsi maksimal 1.000 Nm. Cars Guide memprediksi tenaganya bisa lebih dari itu.
Mobil ini mengusung baterai berkapasitas 100 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak hingga 540 km jika mobil dipacu pada kecepatan rata-rata 100 km/jam. Jarak tempuh bertambah menjadi 658 km jika kecepatan diturunkan menjadi 88,5 km/jam.
Selain kencang, sedan mewah Tesla juga menawarkan fitur seperti sedan mewah kebanyakan. Misalnya sistem audio stereo 7-speaker, trim dari kulit, pelek 19-inci, layar sentuh 17-inci, keyless entry and start, dasbor digital, wiper kaca otomatis, lampu LED, dan konektivitas internet melalui kartu SIM.=WNC/SCI
You might also like