Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Efek WannaCry Bisa Timbulkan Gangguan Mental

0 248

WNC – Ada sejumlah kekhawatiran terhadap dampak buruk ransomware WannaCry. Salahsatunya dianggap bisa berakhir pada gangguan mental. Meskipun diklaim Indonesia telah aman dari WannaCry tapi dampak psikologis bisa terjadi pada korbannya.

Psikolog Seto Mulyadi menjelaskan, apapun yang menimbulkan ancaman atau tekanan, bisa menciptakan gangguan mental terhadap korbannya. Saat itu, semua orang akan panik dan timbul rasa cemas.

“Misalnya, soal Ransomware yang mengharuskan penggunanya mengirimkan tebusan agar file data penting bisa dibuka kembali. Hal ini akan menimbulkan stres berkepanjangan, apalagi jika korban tidak mampu membayar tebusannya. Gangguan jiwa bisa terjadi,” papar Seto yang juga dosen psikologi di Universitas Gunadarma ini, Kamis (18/5).

Menurut Seto, tekanan seperti ini bisa menimpa siapa saja, bahkan psikolog seperti dirinya sekalipun. Oleh karena itu dibutuhkan upaya pemerintah untuk bisa memberikan informasi yang mampu menenangkan warga, dan juga dipercaya.

“Harus ada langkah perlindungan terhadap konsumen dari pemerintah, untuk semua yang berhubungan dengan masalah keamanan, terutama kasus pemerasan,” tukasnya.

Seperti diketahui, cara kerja virus WannaCry tersebut adalah mengunci sistem sehingga file tidak dapat diakses penggunanya. Untuk membuka kunci tersebut, si penyebar virus meminta tebusan. Saat ini jenis virus yang meneror adalah WannaCryptor 2.0 Ransomware.=WNC/SCI

You might also like