Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Giliran PKL di Sekitar Pasar Cumpok Dibidik Pemkot Bogor

0 285

WNC – Setelah berhasil merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di Lawang Seketeng, Jalan Pedati dan Jalan Roda. Kini Perumda Pasar Pakuan Jaya bersama Dinas Koperasi dan UMKM mengeker para PKL yang berada di sekitaran Pasar Cumpok.

Rencananya para PKL yang mangkal di sepanjang jalan dari gang aut sampai depan kantor kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, akan dimasukkan kedalam pasar Cumpok.

“Berdasarkan pendataan kami, ada sekitar 130 PKL yang akan direlokasi,” kata Direktur Utama, Perumda PPJ, Muzakkir, kemarin.

Namun berdasarkan catatan Perumda PPJ, PKL yang ada di sekitaran pasar Cumpok ini mayoritas berdagang sayuran. Sehingga komoditas tersebut cocok untuk dimasukkan kedalam pasae Cumpok.

Program relokasi PKL pasar Cumpok ini merupakan program lanjutan dari Pemkot Bogor yang ingin membersihkan Kota Bogor dari PKL.

Agar proses relokasi sukses tanpa adanya hambatan, saat ini Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor tengah melakukan pendataan ulang.

“Minggu ini Dinas UMKM akan mendata dulu. Namun kami sudah berkoordinasi dengan Satpol-PP,” jelas Muzakkir.

Terpisah, Kabid Dalops Satpol-PP Kota Bogor, Theo Patricio Freitas, mengaku siap mendukung Perumda PPJ dan Dinas UMKM untuk merelokasi PKL di sekitaran pasar Cumpok.

Namun ia mengaku akan lebih mengedepankan cara yang preventif. Yaitu mendorong para PKL agar merelokasi lapaknya sendiri.

“Kalau mereka sudah bisa merelokasi sendiri, nanti kami hanya bertugas membersihkan sisanya saja. Itu lebih baik,” ujarnya.

Saat ini, Satpol-PP Kota Bogor juga masih disibukkan dengan penjagaan di sekitaran lapak PKL di Lawang Seketeng. Dimana, para pedagang dan petugas Satpol-PP Kota Bogor masih kucing-kucingan.

Theo bahkan membeberkan tidak sedikit sayur-sayuran dan lapak pedagang yang diangkut ke mako Satpol-PP Kota Bogor berdasarkan hasil penjaringan.

“Memang masih ada saja yang kucing-kucingan dan sayur-sayuran tersebut yang kami tahan, kami bawa ke mako, sambil menunggu para pedagang datang untuk mengikuti tipiring,” pungkasnya.=WNC/NVT

You might also like