Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Jaga Imun Tubuh, Pemain Persikabo Wajib Konsumsi Vitamin C

0 184

WNC – Dokter tim Persikabo, Septi Mandala memberi anjuran kesehatan kepada pemain dan official di mess PMPP, Hambalang, Kabupaten Bogor, akhir pekan kemarin. 

Adapun anjuran itu diterapkan saat mereka menjalani masa karantina mandiri Hambalang sebelum memulai latihan bersama kembali.

Septi mengatakan, setelah pemain dan official melakukan rapid test virus corona, maka seluruhnya harus menjalani karantina selama dua pekan.

Selama masa karantina, kata Septi, mereka harus tetap memerhatikan imunitas tubuhnya.

“Untuk persoalan imun, dalam kondisi sekarang ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni kondisi tubuh tidak boleh terlalu letih. Bahkan pemain, dan official dianjurjan untuk mengonsumsi vitamin C dan anti oksidan sesuai dengan dosis,  dan anjuran,” ujar Septi Mandala, Minggu (14/6).

Selain itu, Septi membeberkan bahwa waktu ideal untuk pemain beristirahat yakni sekitar tujuh jam. “Kalau untuk istirahat itu dianjurkan harus tercukupi. Mulai dari enam hingga tujuh jam dalam satu hari. Atau minimal mendekati waktu yang dianjurkan,” katanya.

Tak hanya itu, Septi juga berpesan agar pemain dan official  rutin untuk mengonsumsi buah dan sayuran agar imunitasnya selalu bagus. “Pemain dan official itu sangat dianjurkan mengonsumsi buah dan sayuran. Itu jangan terlewat dalam sehari,” katanya.

Sementara itu, terkait rapid test yang dilakukan terhadap 25 orang, Septi mengatakan bahwa hasil tersebut bersifat rahasia. Menurutnya, rahasia kondisi kesehatan mereka  sudah menjadi kesepakatan bersama dalam tim berjuluk Laskar Padjajaran.

“Untuk hasilnya tetap ya masih confidential. Ini sudah kesepakatan tim juga,” katanya.

Adapun anjuran tim dokter Persikabo untuk menjaga imunitas, pertama latihan fisik dengan intensitas sedang, jangan terlalu berlebihan, karena dengan intensitas tinggi malah akan melemahkan sistem imun. 

Mengonsumsi vitamin C dan anti-oksidan sesuai dosis dan anjuran dokter. “Istrahat 6-7 jam per hari, jika sulit minimal mendekati waktu yang dianjurkan, serta konsumsi buah dan sayur setiap hari,” pungkasnya.=WNC/STR

You might also like