Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Pakansari Batal Jadi Venue Piala Dunia U-21, Pemkab Kecewa Berat

0 211

WNC – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor sedikit kecewa dengan sikap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang mencoret Stadion Pakansari, Cibinong sebagai venue Piala Dunia U-21. 


Seperti yang diberitakan sebelumnya, PSSI hanya menetapkan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021, yakni Stadion Utama Glora Bung Karno (GBK) Jakarta, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali).


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan mengaku terkejut dengan penetapan itu. Meski begitu, pihaknya tetap optimistis Stadion Pakansari bisa menjadi venue pertandingan Piala Dunia usia-21, tahun 2021 mendatang.


“Kaget juga dengan penetapan itu. Tapi kami tetap optimis, karena masih ada peluang. Apalagi FIFA belum memberikan keputusan apapun soal venue yang akan dipakai untuk menggelar pertandingan Piala Dunia usia-21,” ujar Bambang Setyawan, Senin (29/6).


Menurut dia, Stadion Pakansari sangat layak ditunjuk menjadi venue pertandingan Piala Dunia usia-21. Karena sudah memiliki kualifikasi FIFA. Apalagi, Stadion Pakansari sudah banyak mengadakan event-event olahraga taraf internasional. Jadi Stadion Pakansari masih punya peluang besar.


“Kita sudah pernah adakan Asian Games, AFF, AFC, dan lainnya. Jadi Stadion Pakansari sudah sangat layak,” tegasnya.


Soal program dan perencanaan infrastruktur menyambut Piala Dunia usia-21, Kadispora menegaskan, Pemkab Bogor, tetap akan dilanjutkan.

“Kita akan tetap melanjutkan, dan kita juga masih menunggu keputusan resminya,” pungkasnya.


Sementara itu,  Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan sebelumnya menyebut, penetapan enam stadion tersebut karena telah berpengalaman, terutama menjadi venue Asian Games 2018. Bahkan menurut dia, setelah ditetapkan, keenam stadion itu harus melengkapinya dengan lima stadion untuk menggelar latihan peserta, dan wasit.


“Mudah-mudahan pemerintah dan Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pembangunannya karena waktu sudah mendesak. Semoga bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa selesai agar siap dua bulan sebelum Piala Dunia usia-20,” kata mantan Kapolda Jawa Barat itu.


Piala Dunia -20 tahun 2021 digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021.Sebelum menentukan enam stadion tersebut, PSSI mengajukan 11 kandidat stadion untuk Piala Dunia usia-20. Dengan ditetapkannya enam stadion, maka lima stadion yang tidak terpilih adalah Stadion Pakansari Bogor, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, dan Stadion Utama Riau Pekanbaru.=WNC/STR

You might also like