Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Pemindahan Utilitas Milik Perumda Tirta Pakuan di Proyek Exit Tol Jagorawi Butuhkan Biaya 2,5 Miliar

0 246

WNC – Pembangunan pintu keluar (exit) Tol Jagorawi Kilometer (Km) 42,5 di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, terus digeber.

Pemindahan utilitas kabel listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor telah masuk dalam tahap negosiasi.


Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan, Deni Surya Sanjaya mengatakan, pipa PDAM yang harus dipindahkan berdiameter 400 centimeter (cm) dengan estimasi panjang 800 meter (m).

Deni memperkirakan, pemindahan tersebut bakal membutuhkan biaya Rp2,5 miliar.


“Ada pipa 400 cm HDPE dan masih baru (High Density Poly Ethylene), itu perkiraan biya pemindahan Rp2,5 miliar,” kata Deni kepada wartawan, kemarin.


Deni mengatakan, telah menggelar pertemuan dengan Pemkot Bogor membahas kelanjutan exit Tol Jagorawi Kilometer (Km) 42,5 tersebut. Pemkot, kata dia, meminta agar pipa tak perlu dipindahkan lantaran berada di dalam tanah.

“Tapi saya sampaikan dalam rapat, jika ini dibiarkan terus, standar kita jadi di luar standar, kalau tidak dialihkan,” tandas dia.


Selain biaya besar, pemindahan pipa itu akan memakan waktu setidaknya tiga sampai empat bulan ke depan. Sedangkan, target bukaan tol itu dan harapkan selesai dikerjakan September 2020.=WNC/DSP

You might also like