Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

PKL di Kelurahan Gudang Susah Ditertibkan

0 432

 

WNC – Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Jalan Lawang Saketeng dan Jalan Pedati, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, sampai saat ini belum bisa dilakukan penataan, karena berbagai faktor, salah satunya belum adanya lokasi lahan untuk merelokasi para pedagang tersebut.  Berdasarkan data dari paguyuban pedagang, ada sekitar 475 PKL yang berjualan di Lawang Saketeng dan Jalan Pedati.
 
Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, program relokasi dan realokasi membutuhkan sarana prasarana yang memadai, dan sampai saat ini belum dibangun maupun dipersiapkan karena belum ada lahannya. Kegiatan rutin yang dilakukan langkahnya yaitu melakukan penertiban PKL tersebut.
 
“Kita belum memiliki lahan untuk PKL, jadi para PKL di Jalan Pedati dan Lawang Saketeng sampai saat ini belum bisa ditertibkan. Kita minta pedagang tidak berjualan di badan jalan, karena mengganggu arus lalu lintas,” jelas Usmar usai menghadiri kegiatan pemberian sembako kepada warga di Kelurahan Gudang.
 
Usmar menegaskan, apapun alasannya, para PKL dilarang berjualan di badan jalan, dan paguyuban pedagang harus mampu menertibkan pedagang. Disamping itu, para pedagang juga dilarang untuk dipungut biaya apapun, karena jika ada pungutan, bisa nanti malah kena tim saber pungli.
 
“Terus terang keberadaan PKL di Jalan Lawang Saketeng dan Jalan Pedati itu melanggar, tetapi mau bagaimana lagi, karena belum ada tempat khusus untuk relokasi,” jelasnya.
 
Salah satu tempat relokasi PKL yang dipersiapkan Pemkot yaitu di pasar Cumpok. Pembangunan pasar cumpok untuk penampungan PKL dari sejumlah kawasan, dari kawasan Padasuka, Gang Aut, Jalan Pedati, Lawang Saketeng dan lainnya. Pembangunan itu akan mampu menampung sekitar 4000 PKL.
 
“Kita sudah menganggarkan sebanyak Rp 10milyar dan  semoga di tahun 2018 nanti sudah terealisasi. Kita berharap bangunam baru di Cumpok itu mampu mengatasi persoalan PKL di kawasan ini,” pungkasnya.=WNC/RIK
You might also like