Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Puasa Hari Pertama Diperkirakan Akan Berlangsung Serentak

0 348

WNC – Awal Ramadan tahun 2017 diperkirakan tidak mengalami perbedaan di antara umat Islam. Baik yang menentukannya menggunakan metode hisab (hitungan) maupun rukyat (meneropong hilal/ bulan), diprediksi hasilnya akan sama, yaitu awal Ramadan pada Sabtu (27/5) besok.
Kementerian Agama bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh agama, perwakilan organsiasi masyarakat Islam serta ahli direncanakan baru akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadan 1438 pada Jumat (26/5) sore ini. Kemudian hasilnya akan mengumumkan kepada warga muslim di seluruh Indonesia.
Kementerian Agama berencana akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1438 pada hari ini di kantor Kementerian Agama Jalan MH Tahmrin, Jakarta, mulai pukul 17:00 WIB. Dengan lebih dahulu akan melakukan pemantauan hilal pula di 77 titik di seluruh Indonesia.
Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan antara Pemerintah dan Ormas Islam serta instansi terkait dalam mengambil keputusan penentuan awal bulan Ramadhan 1438 Hijriah.
“Diharapkan nanti hasilnya dapat dilaksanakan bersama,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin dilansir dari laman resmi Kemenag.go.id.
Proses sidang akan dimulai pukul 17:00 WIB, diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1438H.
Laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan dan dan data hisab posisi hilal awal Ramadhan tersebut akan dimusyawarahkan untuk diambil keputusan penetapan awal puasa tahun ini.
Sidang istbat juga akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
Selain itu, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari Ormas-ormas Islam, serta tim hisab dan rukyat Kemenag.
Diketahui, Kemenag melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh provinsi di Indonesia untuk memastikan kapan awal puasa Ramadhan 2017 akan jatuh.=WNC/FIN
You might also like