Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Sambangi ECC Depok, FPTI Genjot Kemampuan Pemanjat Junior

0 167

WNC – Program latihan yang dilakukan pelatih panjat tebing Kota Bogor, dalam mempertahankan performa pemanjatan para climber junior di masa pandemi Covid-19 terus dipertahankan. 

Bahkan program latihan pemanjatan tidak hanya di tebingan Gunung Kapur Ciampea, Kabupaten Bogor, namun, pelatih membawa climber junior ‘Kota Hujan’ ini latihan di wall baulder Eiger Climbing Club (ECC) Depok, akhir pekan kemarin.

Seperti dikatakan pelatih panjat tebing Kota Bogor, Siti Robiah. Menurut dia,  bahwa latihan yang terus diikuti atlet tidak hanya latihan fisik. Tapi latihan manjat juga harus dilakukan, baik di tebing asli, bahkan baru-baru ini mereka mengikuti program latihan pemanjatan di wall boulder ECC Depok.

“Latihan yang dijalankan pemanjat tidak hanya di fisik saja. Tapi mereka juga harus latihan manjat, baik itu di tebingan gunung kapur Ciampea, dan juga wall baoulder ECC Depok, sambil menunggu wall Lapangan Sempur, dan wall di GOR Pajajaran, dibuka oleh Pemerintah Kota Bogor,” ujar Siti Robiah, Minggu (14/6).

Ia menjelaskan, kalau program latihan yang diterapkan kepada atlet, tetap mengikuti protokol kesehatan. Karena sambung wanita yang akrab disapa Obi itu, atlet yang berlatih hanya sepuluh orang atlet, dan tetap menggunakan masker, serta menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah berlatih.

“Protokol kesehatan wajib kita terapkan kepada atlet yang berlatih. Karena itu sudah menjadi aturan pemerintah dimasa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dia juga menambahkan, bahwa selama dua kali pertemuan latihan manjat, performa atlet masih belum stabil, karena memang libur manjat yang cukup panjang. 

Tapi, lanjut Obi, dirinya akan berupaya untuk bisa menjaga performa atlet tetap stabil, dengan cara membawa mereka manjat ke tebing alam, hingga sarana wall panjat tebing di lapangan sempur, maupun yang di GOR bisa dipakai kembali.

Selain wall ECC Depok, pihaknya juga telah sepakat untuk menggelar latihan bersama kembali di tebing Klapanunggal dalam waktu dekat ini. Dan itu semua, sambung Obi,  dilakukan untuk menjaga performa pemanjatan atlet tetap stabil, ketika nantinya para atlet berlatih seperti biasa di wall lapangan Sempur, dan wall GOR Pajajaran.

“Kita berharap, pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar aktivitas olahraga bisa kembali normal seperti biasanya,” pungkasnya.=WNC/STR

You might also like