Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Sejak 2016, Golkar Sudah Siapkan Cawapres Untuk Jokowi

0 254

 

WNC – Meski masih jauh, namun Partai Golkar sudah menyiapkan kadernya untuk menjadi pendamping Presiden Jokowi sebagai cawapres di Pilpres 2019.
Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, membuka peluang bagi partainya untuk menyodorkan nama cawapres  berpasangan dengan Jokowi di pilpres. Dan aspirasi itu memang sudah muncul sejak Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas tahun 2016 lalu.
“Apakah kader Golkar punya peluang. Jelas, di politik peluang itu pasti ada tapi kita tak bisa mendahului,” jelas kata Idrus Selasa (23/5).
Salah satu aspirasi yang muncul adalah dari Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, yang meminta agar Cawapres Jokowi adalah dari kader Golkar. Idrus memastikan Golkar akan mengkomunikasikan pikiran itu dengan Presiden Jokowi.
“Bahwa ada aspirasi seperti ini. Tindak lanjut komunikasi ini akan kita serahkan ke proses politik ke depan,” jelas Idrus.
Menurut Idrus, Rapimnas Golkar 2016 sudah menetapkan Jokowi sebagai Capres 2019. Saat itu, aspirasinya adalah, untuk penentuan cawapres, mereka mempersilakan Jokowi melakukan penjaringan atau seleksi sekaligus komunikasi politik untuk selanjutnya dibicarakan ke partai pendukung 2019 nanti termasuk Partai Golkar. “Itulah mekanisme yang kita tempuh di PG,” ujar dia.
Mengenai peluang dari Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, untuk menjadi cawapres, Idrus mengaku jika hal tersebut bisa saja terjadi dan tidak menutup kemungkinannya. “Jadi saya kira semua ini bisa. Tapi ini bisa terjadi semua,” tegasnya.
Namun, Idrus menyampaikan sejumlah syarat. Pertama, komunikasi Golkar dengan Jokowi ke depan harus dilakukan lebih intensif, dan produktif untuk menjamin kemenangan mereka pada 2019 dengan lebih spektakuler.
Kedua, pasangan di periode kedua itu dapat memberikan jaminan pada Jokowi mencapai target dan program sebagaimana dituangkan di dalam visinya.=WNC/FIN
You might also like