Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Sekda Apresiasi Dewan Bentuk Pansus Untuk Awasi Dana Covid-19

0 227

WNC – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengatakan, tim Covid-19 Kota Hujan terus berkoordinasi dengan DPRD setempat, mengenai anggaran Covid-19.

Dan Ade pun menyambut baik adanya Pansus di DPRD Kota Bogor yang salah satu fungsinya untuk mengawasi anggaran penanganan Covid-19.


“Prinsipnya, saya sangat suka peran dewan dengan membentuk pansus dan seperti disampaikan teman-teman di dewan untuk ikut mengawasi supaya manfaat tepat sasaran,” aku Ade, kepada wartawan, kemarin.


Ade menjelaskan, anggaran penanganaan Covid-19 terus mengalami perubahan. Namun, dia menegaskan, semua alokasi anggaran akan disajikan secara rinci dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2020.


“Rp213 M belum tentu juga terakhir, bisa saja berkurang dan bertambah, tapi itu semua akhirnya nanti akan diketahui pada RAPBD Perubahan paling lambat 30 September kami wajib menyampaikan ke dewan,” tegas Ade.


Secara rinci Rp213 miliar dari BTT itu terbagi dalam dua pencairan. Yakni bidang kesehatan senilai Rp33 miliar dan jaring pengaman sosial untuk warga terdampak Covid-19 senilai Rp10 miliar. Sehingga, masih tersisa Rp168 miliar.

“Ini data yang sudah dipertanggungjawabkan oleh OPD,” kata dia.
Ade menambahkan, BTT merupakan belanja yang tidak direncanakan. Jadi, dana yang dialokasikan untuk BTT telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19/PMK.07/2020 tentang Penyaluran Penggunaan DBH (Dana Bagi Hasil) DAU (Dana Alokasi Umum), DID (Dana Insentif Daerah) Tahun Anggaran 2020 dalam Rangka Penanggulangan Covid-19.


“Hanya panduan yang kami terima harus melakukan refokusing dari belanja untuk biaya penanganan Covid-19. 50 persen dengan batas toleransi 35 persen kalau tidak maka sanksinya penyaluran DAU ditunda,” pungkas dia.=WNC/DSP

You might also like