Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Tahukah 5 Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin, Nomor Dua Idaman Kaum Hawa

0 295

 

 

WNC – Mandi tentu hal rutin yang kita lakukan setiap harinya. Mandi pagi dengan air dingin sangat disarankan, karena memiliki sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan. Seperti dilansir dari PureWow, ada 5 manfaat kesehatan yang bisa diraih dengan mandi air dingin.

 

  1. Lebih Ampuh Dari Kafein

Mandi air hangat bisa membuatmu mengantuk. Sementara, mandi air dingin akan memberimu efek sebaliknya. Hal tersebut dikarenakan temperaturnya mengejutkan jantung yang bisa membuat aliran darah mengalir lebih cepat.

  1. Bisa Mengurangi Berat Badan

Saat tubuh merasa kedinginan, brown fat yang ada dalam tubuh kita sedang aktif dan membakar kalori untuk membuatmu hangat. Namun, untuk seberapa banyak kalori yang terbakar belum bisa diketahui dengan pasti, yang jelas sangat bisa membuat tubuh jadi proporsional.

 

  1. Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Air panas bisa membuat rambut dan kulitmu kering. Namun mandi dengan air dingin akan menutup pori-pori dan mengunci kelembaban di kulit. Jadi, jangan ragu untuk mandi air dingin di pagi hari ya.

4.Ternyata Bisa Merasa Lebih Bahagia

Ya, kebahagiaan memang bukan hal pertama yang hadir dalam benak ketika harus mandi dengan air yang bisa membuat badanmu menggigil. Namun, sebuah studi yang diterbitkan oleh Midecal Hyotheses menemukan bahwa mandi dua sampai 3 menit dengan air dingin dan dilakukan selama dua minggu bisa meningkatkan mood. Bahkan para peneliti pun menyarankan untuk mandi air dingin sebagai terapi depresi.

  1. Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mungkin kamu berpikir bahwa mandi air dingin di pagi hari bisa membuatmu terserang flu, namun sepertinya perkiraan itu salah, girls! Studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University menemukan bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan kekuatan sel darah putih untuk melawan penyakit.Penelitian sebelumnya pun dilakukan di German. Studi tersebut menyatakan bahwa orang-orang yang mandi selama dua menit dengan menggunakan air dingin lebih jarang terkena pilek dibandingkan mereka yang mandi air panas.=WNC/NIC

 

You might also like