Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Telusuri Potongan Pajak di Bantuan Sosial RW Siaga Corona

0 280

WNC – Adanya informasi bahwa dana bantuan untuk RW Siaga Corona di seluruh Kota Bogor tidak diterima seutuhnya yaitu Rp500 ribu, dan para Ketua RW hanya menerima Rp470 ribu, langsung ditindaklanjuti oleh Pansus III Pengawasan dan Penanganan Tanggap Covid-19 DPRD Kota Bogor.

Anggota Pansus, Rizal Utami mengatakan, Pansus akan segera memanggil sejumlah pihak terkait adanya pemotongan dana bantuan sosial untuk RW Siaga Corona di Kota Bogor. Informasi yang disampaikan para Ketua RW saat digelar RDP diketahui bahwa para Ketua RW tidak menerima dana secara utuh yaitu Rp500 ribu, tetapi ada potongan Rp30 ribu, sehingga hanta menerima Rp470 ribu.

“Kita akan panggil para stakeholder seperti Dinas Sosial, terkait adanya informasi soal dana bantuan RW Siaga Corona itu,” kata Rizal, kemarin.

Informasi awal yang didapatkan oleh Pansus, lanjut politisi PPP ini, uang potongan Rp30 ribu itu informasinya merupakan pajak. Pertanyaannya, apakah dana bantuan sosial harus terkena pajak, karena pajak itu biasanya dikenakan untuk penghasilan dan lainnya.

“Info nya potongan itu adalah pajak, nanti Pansus akan menelusuri, apakah benar dana itu potongan pajak, atau memang ada pungli,” tegasnya.

Pansus juga akan melakukan penelusuran soal banyaknya permasalahan permasalahan terkait dana bansos. Bantuan bantuan yang sudah diberikan kepada warga juga masih banyak masalah, dari mulai pendataan hingga pendistribusiannya.

“Semua aspirasi dan keluhan warga sudah kami terima dan Pansus akan segera menelusurinya. Pansus juga akan melakukan sidak ke obyek obyek sesuai dengan informasi yang disampaikan kepada Pansus,” jelasnya.=WNC/SRF

You might also like