Warta Negeri
Informasi dalam genggaman

Ternyata Ini Manfaat Traveling Saat Kita Puasa

0 392

 

 

WNC – Saat puasa, tentu hawanya kita ingin selalu tidur-tiduran atau bermalas-malasan di dalam rumah, sambil menghindari godaan untuk berbuka di luar.

Namun, daripada hanya menghabiskan waktu hampir seharian di atas kasur, lebih baik kamu melakukan sejumlah aktivitas yang mungkin bisa berbuah makna puasa, bahkan Ramadan dalam kacamata lebih pribadi. Ketimbang bingung mau ngapain, sekalian saja rencanakan perjalanan.

Dalam persepsi secara umum, traveling yang notabene menguras tenaga memang kurang cocok dilakukan saat berpuasa.

Namun dengan pengaturan kegiatan yang sedemikian rupa, bukan tak mungkin kamu meneruskan penjelajahan selama Ramadan. Selain menemukan banyak suasana baru, puasa saat traveling ternyata punya manfaat tersendiri lho. Dikutip dari livestrong.com berikut manfaatnya.

 

Jadi Tidak Jajan Sembarangan

Sudah berapa kali kamu dihadapkan dengan situasi mesti memilih makanan yang tepat saat berada di stasiun atau bandara? Tak peduli seberapa disiplin dalam diet, godaan untuk makan makanan yang instan hampir pasti muncul. Apalagi saat waktu keberangkatan sudah mepet. Nah, lain hal dengan puasa. Karena jam makan sudah teratur, kamu bisa mempersiapkan bekal lebih dulu. Tak perlu terburu-buru, pilih makanan yang sekiranya mengenyangkan tapi tak berlebih.

 

Mengurangi Resiko Jet Lag

Gampang-gampang-susah sebenarnya terhindar dari jet leg dan berpuasa ternyata merupakan salah satu cara terbaiknya. Kok bisa? Padahal tubuh pasti sangat lelah dalampenerbangan panjang. Apalagi tak ada asupan yang masuk ke perut. Pada 2002, ilmuwan melakukan riset lewat 186 anggota National Guard di 9 waktu berbeda. Secara mengejutkan, mereka yang mengikuti ‘protokol’ puasa berkurang risiko jet lag-nya hingga 7,5 kali saat kedatangan.

Sementara di penerbangan menuju rumah, risiko jet leg malah lebih tertekan ke angka 16,2. Protokol yang diterapkan di antaranya tak makan selama 12, 18, atau maksimal 24 jam. Riset ini kemudian banyak dibuktikan oleh mereka yang melakukan penerbangan jauh saat berpuasa.=WNC/DIA

You might also like